Pendahuluan
Pada tulisan ini, saya akan membahas tentang Social
Network Business (SNB). SNB merupakan sebuah website untuk
menghubungkan bisnis dan situs jaringan sosial. Social Network
Business (SNB) sangat berhubungan dengan Social Network
Service (SNS) karena pada layanan jaringan sosial dapat dimanfaatkan
untuk menggelar atau melakukan suatu bisnis yang dapat bermanfaat bagi produsen
dan konsumennya.
Contoh dari Social Network Business adalah MySpace yang digunakan untuk industri musik.
Contoh dari Social Network Business adalah MySpace yang digunakan untuk industri musik.
Teori
Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa
dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan
wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh
masyarakat di seluruh dunia.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai
"sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar
ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan
pertukaran user-generated
content
Sementara jejaring sosial
merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian
terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi.
Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media
tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial
menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk
berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi
komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam
konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk
mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Analisis
Dengan adanya Social Network Business ini para
produsen dan konsumen-konsumennya bisa saling berinteraksi, bertukar pikiran,
dan memberikan pendapat, masukan yang bisa mengembangkan dari bisnis itu
sendiri. Jadi, jika ada kekurangan dari bisnis dapat diperbaiki sehingga para
konsumen pun puas dengan pelayanan yang diberikan.
Selain itu juga dengan adanya Social Network Business,
perusahaan harus berhati-hati pula memberikan informasi kepada konsumen atau
rekan bisnis lainnya. Agar tidak terbocornya rahasia dari perusahaan itu
sendiri yang bisa berakibat fatal.
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar