Daftar Blog Saya

Senin, 25 November 2013

Strategy of Information Integration

Strategy of Information Integration
(Strategi informasi integrasi)

Pendahuluan
Pada umumnya, organisasi bisnis atau perusahaan yang didirikan memiliki tiga tujuan ekonomis yang memberikan arah strategik, yaitu untuk kelangsungan hidup(survival), pertumbuhan (growth), dan profitabilitas (profitability), dan ketigafaktor ini membutuhkan suatu kinerja pemasaran, biasanya perusahaan melakukanberbagai strategi bisnis, seperti : peningkatan kualitas produk, promosi produk,hubungan, kepercayaan dan ketergantungan dengan perusahaan lain atau dengan saluran distribusinya.
Hubungan (relationship) dengan perusahaan lain merupakan bagian dari strategi pemasaran yang penting, karena hal ini merupakan strategi jangka panjang yang sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Terganggunya hubungan akan membawa akibat yang kurang baik bagi perusahaan karena itu pemeliharaan hubungan perlu dilakukan sebagai usaha menjaga strategi integrasi.
Integrasi berarti menyatukan unsur-unsur tertentu. Dalam hal ini, strategi integrasi infromasi (Strategi of Information Integration) berarti upaya untuk menyatukan beberapa infromasi sebagai bagian dari kerjasama antara dua perusahaan atau lebih yang bertujuan untuk mencapai hasil yang maksimal yaitu meningkatkan kinerja perusahaan.  Strategi integrasi merupakan model penggabungan dari lingkungan operasional, industri dan lingkungan luar yang masing-masing lingkungan tersebut dapat saling berinteraksi untuk salingmendukung. Proses strategi integrasi didasarkan pada keyakinan bahwa misi perusahaan dapat diwujudkan melalui penilaian yang sistematik dan menyeluruh terhadap kemampuan internal perusahaan serta lingkungan eksternalnya.
Strategi integrasi menghasilkankonsekuensi pengetahuan stratejik bagi perusahaan individual dan peran stratejikbagi hubungan yang dijelaskan secara formal oleh perusahaan individual. Strategi integrasi melibatkan perhatian eksplisit dari hubungan dalam rencana stratejikyang mencakup penyesuaian intensif dari tujuan dan arah stratejik. Strategi integrasi ini dibentuk oleh beberapa indikator sebagai berikut :
1. Pemeliharaan
Terganggunya hubungan akan membawa akibat yang kurang baik bagi perusahan, karena itu pemeliharaan hubungan perlu dilakukan sebagai usaha menjaga strategi integrasi.
2. Keunggulan bersaing
Posisi persaingan suatu perusahaan secara individual bergantung padahubungan dengan perusahaan lain. Dalam mengintegrasikan hubungan antar perusahaan secara strategis, maka perusahaan secara proaktif berencana untuk menggabungkan sumber dayanya dengan sumber daya partnernya untuk mengembangkan kemampuan mereka dan meningkatkan keunggulan kompetitif .
3. Penyesuaian intensif dari tujuan stratejik
Newman dan Logan (1996) menyatakan hal penting yang ada dalam strategi integrasi adalah terdapatnya orientasi stratejik dalam perusahaan. Pada beberapa hal sumber daya yang tergabung, peranan bersama dan meningkatkan kemampuan akan merangsang perusahaan untuk berhubungan. Namun, hal ini tidak secara langsung membentuk strategiintegrasi. Strategi integrasi berarti bahwa perusahaan mempunyai set pikiran yang searah dengan hubungan antar perusahaan, perusahaan secara jelas melihat hubungan sebagai suatu aset strategis yang akan dimasukkan dalamrencana/tujuan stratejik perusahaannya.
Teori
A. Pengertian Strategy of Information Integration (SII)
SII merupakan strategi pengintegrasian sistem baik saat melakukan merger ataupun rekonstruksi perusahaan. SII juga merupakan solusi agar saat mengintegrasikan antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil seimbang atau sesuai porsinya. Biasanya perusahaan menggunakan SII ini saat sudah tidak ada jalan lain lagi kecuali menggunakan ini. SII memiliki enam tahap dalam pengintegrasiannya.

Tahap-Tahap SII
http://i592.photobucket.com/albums/tt10/rotiajaib/sii.png
  1. Exploit Local Capabilities
Pada tahap ini, yang perlu dilaksanakan adalah melakukan pengembangan maksimal terhadap kapabilitas sistem informasi masing-masing organisasi. Tujuan dari dilakukannya tahap ini adalah untuk memahami secara sungguh-sungguh batasan maksimal kemampuan sistem informasi dalam menghasilkan kebutuhan manajemen strategis dan operasional organisasi yang bersangkutan – baik dilihat dari segi keunggulannya maupun keterbatasannya.
  1. Conduct Soft Integration
Pada setiap kerjasama atau kolaborasi dua atau lebih organisasi kerap mendatangkan kebutuhan baru. Dan ketika kebutuhan bersama ini muncul, seringkali tidak dapat dipenuhi oleh sebuah sistem informasi yang dimiliki salah satu anggota konsorsium. Pada saat kebutuhan baru ini berhasil didefinisikan secara jelas, masing-masing organisasi melalui wakilnya berkumpul dan berdiskusi bersama untuk mencari jalan keluar pemenuhan kebutuhan yang ada. Pada saat inilah sebenarnya hakekat ”integrasi” telah dilakukan. Secara teknis yang biasa dihasilkan adalah ide-ide solusi dalam bentuk penambahan sejumlah entitas atau komponen sebagai jembatan antara satu sistem dan sistem lainnya tanpa harus merusak masing-masing sistem informasi yang telah dianggap baik bekerja oleh setiap organisasi yang ada. Keluaran sesungguhnya dalam tahap ini adalah kepercayaan dan kesadaran akan perlunya kerjasama untuk memecahkan solusi.
  1. Share Common Resources
Langkah berikutnya adalah melakukan evaluasi seberapa efisien dan optimum solusi yang telah di dapat berhasil dibangun, terutama dalam kaitannya dengan pemanfaatan beraneka ragam sumber daya organisasi. Sekali lagi para wakil dari masing-masing organisasi akan berkumpul dan melihat bahwa banyak peluang untuk meningkatkan kinerja solusi yang dihasilkan jika dan hanya jika adanya ”sharing” atau pola berbagi pakai antar sumber daya teknologi informasi yang dimiliki masing-masing organisasi. Keluaran terpenting dari tahap ini adalah mulai bergesernya pemikiran-pemikiran yang didominasi oleh faktor emosional ke ide-ide brilian yang dipandu oleh pemikiran rasional.
  1. Redesign Process Architecture
Mencari solusi dengan berbekal berbagi pakai sumber daya biasanya dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pemilik kepentingan internal. Di sinilah tahap penentu integrasi diuji kembali, karena yang akan terlibat adalah pimpinan nomor satu dari masing-masing organisasi. Keluaran dari tahap terberat ini adalah kesepakatan untuk melakukan kolaborasi secara lebih jauh, yaitu dengan memperhatikan nilai (atau value) dari pemegang kepentingan utama dari seluruh organisasi yang berkolaborasi. Ragam proses baru inilah yang akan menjadi cikal bakal atau embrio arsitektur sebuah sistem informasi terintegrasi yang dimaksud, yang merupakan penjelmaan ”secara tidak sadar” kumpulan sistem informasi organisasi beragam yang ada.
  1. Optimise Network Infrastructure
Rancangan beraneka ragam proses baru yang dihasilkan pada tahap sebelumnya tidaklah akan berjalan secara efektif, efisien, optimal, dan terkontrol dengan baik apabila secara fundamental tidak dilakukan penyesuaian terhadap infrastruktur organisasi yang ada – dalam hal ini adalah arsitektur sistem informasi terintegrasi yang dimiliki. Keluaran dari tahap optimaliasi ini adalah sebuah sistem informasi terpadu yang dapat bekerja secara efektif melayani kepentingan vertikal maupun horisontal. Dan tentu saja yang tidak kalah pentingnya, yaitu semakin eratnya relasi antar organisasi yang berkolaborasi setelah melewati sejumlah tahap sebelumnya. 
  1. Transform Organisation Landscape
Tahap terakhir yang akan dicapai sejalan dengan semakin eratnya hubungan antar organisasi adalah transformasi masing-masing organisasi. Transformasi yang dimaksud pada dasarnya merupakan akibat dari dinamika kebutuhan lingkungan eksternal organisasi yang memaksanya untuk menciptakan sebuah sistem organisasi yang adaptif terhadap perubahan apapun.

Analisa
Praktisi Teknologi Informasi sering menjumpai permasalahan rumit ketika menghadapi tantangan dimana beberapa sistem informasi yang berbeda harus diintegrasikan. Contoh peristiwa ini antara lain akuisisi dan merger, penggabungan beberapa instansi pemerintahan, kerja sama program berbasis lintas sektoral, dsb. Dalam menghadapi ini, metodologi yang digunakan harus mampu menjawab berbagai kendala teknis ataupun non teknis yang sekiranya sering dijumpai pada setiap isu penggabungan. Artinya, metodologi yang dipakai harus dibangun dengan memperhatikan berbagai aspek tersebut.
Salah satu permasalahan rumit yang kerap dijumpai para praktisi teknologi informasi adalah ketika menghadapi tantangan dimana sejumlah sistem informasi yang berbeda harus diintegrasikan. Peristiwa yang dimaksud misalnya terjadi pada saat aktivitas merger dan akuisisi, penggabungan satu atau dua institusi pemerintahan, kerjasama program berbasis lintas sektoral, dan lain sebagainya. Berdasarkan pengalaman, kompleksitas permasalahan yang dijumpai tidak saja bertumpu pada aspek teknis, namun kerap lebih menonjol pada hal-hal yang bersifat non-teknis (baca: politis) yang biasanya didominasi oleh isu “ego sektoral” pada masing-masing institusi yang terlibat. Tanpa adanya strategi yang jelas, maka sering kali kegiatan integrasi sistem tersebut menemui jalan buntu, atau tidak berhasil. Kunci permasalahan terjadinya fenomena tersebut pada dasarnya terletak pada kesalahan pemilihan pendekatan atau metodologi proses terkait.
Dalam menghadapi tantangan ini, metodologi yang dipergunakan harus mampu menjawab berbagai kendala teknis maupun non teknis yang seyogiyanya dijumpai pada setiap isu penggabungan. Artinya, metodologi yang dipakai harus dibangun dengan memperhatikan berbagai aspek yang dimaksud tersebut.

Kesimpulan

Informasi integrasi membentuk landasan yang diperlukan untuk manajemen kinerja bisnis yang kuat dengan membawa bersama-sama sumber data yang berbeda ke dalam bahasa bisnis umum. Hal ini memerlukan pemeriksaan yang seksama terhadap strategi bisnis, proses, dan teknologi, dan kemauan untuk membuat perubahan yang diperlukan. Dengan mengatasi lima tantangan dibahas, perusahaan akan menghindari perangkap umum yang menghambat integrasi sukses dan menyadari potensi penuh dari lingkungan manajemen kinerja mereka.

Sama seperti manajemen kualitas total merevolusi industri manufaktur dengan mengintegrasikan proses, integrasi informasi berdiri siap sebagai terobosan besar berikutnya dalam manajemen kinerja. Dalam dunia di mana aset fisik terus commoditized, kemampuan untuk secara efektif mengelola sebuah perusahaan. Aset informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif akan membentuk integrasi informasi sebagai hal yang besar berikutnya.


Referensi :
http://qodel.blogspot.com/2010/11/strategy-of-information-integration.html
http://www.zulfikrisiregar.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar